Rabu, 05 Februari 2014

SOULJAH

Salam Reggae untuk Bradda and Sista...
Ini tentang Profil Band Souljah...


SEJARAH TENTANG SOULJAH... 

 




SOULJAH: Band asal Bekasi.. 
Genre: World / Reggae / Ska / Rocksteady

Personel Souljah:  Danar - Vocal
                               Sa'id – toasting
                               Renhat - Bass
                               Bayu – Guitar
                               David – keyboard
                               Vino – saxophone


Souljah dibentuk kembali pada tahun 1998. Pada awalnya, bernama Arigatoo.Kemudian bersama dengan musik memperluas yang dibuat Souljah, Souljahmemutuskan untuk mengubah nama menjadi Souljah pada 2005. Dengan Arigatoo,Souljah melakukan beberapa album kompilasi, satu dengan Otoritas Catatan dari Jepang, berjudul Asia Ska Foundation di tahun 2003 dan yang lainnya dengan SonyMusic Indonesia, berjudul Ska Mania kembali pada tahun 2000. Dan pada tahun 2003,Arigatoo merilis full album berjudul Kami Bukan Perawan Lagi (Kami Tidak PerawanLagi). Kemudian, pada tahun 2005 Souljah merilis album pertama mereka, berjudul"Breaking The Roots", dengan hit single Jamaika Away. Pada tahun 2007, Souljahmerilis album kedua, berjudul "Bersamamu" (To Be With You), dengan hit singleBersamamu. Untuk saat ini, album Souljah didistribusikan hanya di Indonesia. Namun bagi Anda yang tinggal di luar Indonesia, Anda dapat membeli lagu kami di itunes.

Pada tahun 2009 Souljah merilis album ketiga mereka yang disebut Mestakung;singkat untuk Semesta Mendukung (Universe Mendukung). Album ini menyelesaikan'trilogi' merah-kuning-hijau. Jika seseorang memiliki semua album Souljah dan tetapberdampingan dari yang pertama, maka Anda akan mendapatkan warna, merah, kuning, dan hijau. Souljah secara aktif melakukan pertunjukkan di Indonesia, kebanyakan di Jakarta dan daerah di dekatnya. Selain itu mereka juga mulai hinggarekor mereka sendiri perusahaan bernama Indonesia Musik offbeat. Souljah adalah tentang untuk memulai memproduksi album keempat mereka segera.
Souljah merupakan sebuah band Jamaican Music yang sudah terbentuk dari tahun 1998, ketika sebagian besar personilnya masih kuliah di Universitas Indonesia. Pada tahun 1999 mereka menandatangani kontrak dengan Sony Music Indonesia. Selang beberapa tahun, tepatnya pada tahun 2003 mereka dipercaya untuk ikut album kompilasi “Asian Ska Foundation” yang diproduksi oleh sebuah label Jepang, Authority Records.

Album perdana Souljah - Breaking the Roots rampung pada tahun 2005. Album dengan 12 lagu yang unik dihidangkan ke telinga masyarakat dengan beragam jenis lagu seperti Reggae, Chill out, Traditional ska, Dancehall, Hip Hop, dan lainnya, album Breaking the Roots dapat membuat orang tercengang mendengarnya. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena penggabungan groovy beat Dimas, suara lembut dan powerful dari Danar, Jamaican rap yang melodius dari Said, suara trumpet sexy David, nada lembut dan hangat persembahan Renhat, dan tentunya permainan gitar upstroke dari Bayu, gitaris Souljah yang kini telah hengkang dan digantikan posisinya oleh Gema Maulana.

Empat dari 12 lagu tersebut merupakan karya kolaborasi Souljah dengan artis-artis-artis seperti; Soulid yang muncul dalam ”All I Know,” Bad Mono dalam ”The Day The World Turns Into Grey,” Sundari Soekotjo dalam “Lelaki itu,’” dan Happy Salma dalam “Magenta.” Dengan album BREAKING THE ROOTS, SOULJAH berhasil mendapatkan penghargaan sebagai breakthrough artis oleh Radio Prambors Jakarta.

Album ke2 Souljah dengan judul BERSAMAMU dirilis pada tahun 2007 yang diikut oleh dirilisnya novel dengan judul yang sama oleh Gagas Media. Album ini telah laku ribuan keping yang membuat SOULJAH semakin menapakkan kaki di blantika musik nasional.

Sebagai persembahan single dari album ke3 Souljah yang diberi judul MESTAKUNG, maka Souljah mengumandangkan “Hanya Ingin Pulang”. Sebuah lagu yang diciptakan khusus sebagai theme song mudik. Album MESTAKUNG ini juga akan dirilis pada bulan November 2008.
Pertanyaan-pertanyaan dari penggemar : 

1.)Apakah ada filosofi di balik nama Souljah ?
Souljah, adalah pelafalan slang dari Soldier, dibaca dengan logat Jamaican jadi Souljah. Kita sih ngerasakita pejuang, pejuang karya kita, pejuang indie, dan juga pejuang jamaican music..

2.)Kenapa milih aliran musik reggae? Hal-hal apa saja yg membuat memilih genre ini?
Sebenernya kita nggak milih reggae sih, reggae adalah salah satu pilihan dalam musik kita, soalnya kita mainin semua genre Jamaican Music, mulai dari SKA, Rocksteady, reggae, dub dancehall juga. Yang ngebuat kita milih musik ini, hmmmm yah kita mainin genre Jamaican music dari tahun 98, waktu itu kita cuma mainin ska, tapi sekarang kita lebih lebar lagi. Dan emang semua personil Souljah kalo gabung cocok soulnya yah cuma mainin musik kayak gini. Kita pernah coba mainin jazz, pop atau rock, gak kena kalo smua anak-anak ini ngumpul...hehehehehehe.

3.)Kalau inspirasi lagu-lagunya dari mana? Influences?
Aduuuhh banyak banget, hampir semua musisi yang masukin unsur jamaican music kita jadiin referensi. Mulai dari yang oldskool Skatalites, Desmond dekker, The Wailers, sampe nu skool No Doubt, 311, Long Beach Dub Allstars, dan masih banyak lagi. Nah kalo inspirasi, kita sesuaiin sama konsep album dulu. Kalo album yang pertama emang karena konsepnya kolaborasi kita lebih bebas cari inspirasinya. Bisa dari kehidupan sehari-hari. Tapi kalo yang album kedua karena konsepnya emang audio novel, jadi kita bentuk liriknya bukan berdasarkan pengalaman tapi emang kita ciptain cerita.

4.)Kalo punya album sudah berapa album yang dikeluarkan?
Album udah dua :
(2005) BREAKING THE ROOTS
(2007) BERSAMAMU

5.)Sejak kapan mulai konsen di genre Reggae dan sdh berapa lama?
Reggae udah kita mainin juga kok dari tahun 1998. Walopun waktu itu kita lebih konsen ke ska-nya..

6.)Pernah ikut musik competition atau Reggae Festival?
Musik competition, hmmmmmm dulu mungkin pas awal ngeband, tahun 1998 kita ada ikutan audisi buat ikutan acara-acara.

7.)Bisa sebutkan sering manggung dimana saja?
Manggung seringnya dimana aja yah, yeahhh di pensi sekolah, kampus atau acara komunitas.

8.)Selain bermusik ada hobi lain, misalnya main bola, dll?
Hobi lain....wahhhh banyak bangetttt anak-anak Souljah paling suka makaaannnnn, wahahhahaha makanya pada cabi-cabi kan.

9.)Markas atau tempat ngumpul dimana?
Kalo latian sih kita seringnya di studio 12 rawamangun, nongkrong, hmmmm dimana yah, di tebet paling.

Sumber : ~ http://iyank-braddasouljah.blogspot.com/2011/07/sejarah-tentang-souljah.html
               ~ http://www.cinmi.com/souljah/profile/
               ~ http://www.indoreggae.com/souljah.html

0 komentar:

Posting Komentar