Minggu, 02 Februari 2014

Etika Berbicara Dengan Baik

Berbicara merupakan aktifitas yang dilakukan orang normal setiap hari, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi pasti kalian berbicara, berdialog dengan teman-teman dan saudara kalian. Tapi apakah kalian memperhatikan etika ketika berbicara dengan lawan dialog kalian ? Islam adalah agama yang indah, agama yang mengajarkan tentang kasih sayang dan sopan santun. Semua hal ada aturannya, sama halnya dengan berbicara. Etika berbicara yang baik harus kalian ketahui, agar ketika kalian berbicara dengan siapapun kalian akan merasa nyaman, sebaliknya lawan berbicara kalian juga akan merasa nyaman ketika kalian menerapkan etika berbicara yang baik.
Banyak diantara kita yang sering tersinggung ketika berdialog / berbicara dengan kita, secara sengaja atau tidak sengaja perkataan kita menyakiti hati lawan bicara kita. Oleh sebab itu setiap muslim haruslah mengerti baik etika berbicara. Nah seperti apa etika berbicara yang baik itu ? Teman saya Aulia Cindy, sudah membagi-bagikan beberapa tips etika berbicara kepada kalian yang bisa kalian praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut beberapa cara "Etika Berbicara dengan Baik"
# Fokus pada lawan bicara - Dengan fokus pada lawan bicara tentunya lawan bicara akan mudah mendapatkan maksud pembicaraan.Jangan sampai anda berpaling dari lawan bicara,karena topik akan pecah dan tidak jelas.
 # Menggunakan Suara yang baik - Suara yang baik tentunya disesuaikan dengan lawan pembicara.Apabila lawan pembicara adalah orang tua lanjut usia tentunya dengan lirih dan sopan.Sesuaikan lawan bicara,jangan sampai suara anda menyakitkan hati lawan bicara. 
# Jangan mengeluarkan perkataan yang tidak pantas - Lupakan dan jauhkan perkataan kotor dalam bicara anda.Perkataan kotor biasa akan merusak pembicaraan dengan lawan bicara.Kadang juga nyambung,tetapi efek dari perkataan kotor itu yang mencerminkan pribadi kita dimata lawan bicara. 
# Awali dan ahiri pembicaraan dengan senyuman - Senyuman dapat membuat lawan bicara kita tersapu malu dan baik kepada kita.Lawan bicara belum mengatakan sesuatu tetapi kita sudah memberikan sebuah hadiah yang enak dipandang mata yaitu ” senyuman ” . 
# Berjabat tangan sesudah pembicaraan - Dapat juga dengan berjabat tangan atau meletakkan tangan di atas dada sendiri sebagai isyarat anda menghargai orang lain sebagai mana anda menghargai diri sendiri.
Singkat dan jelas penjelasan etika berbicara yang baik diatas, tapi dengan 5 hal tersebut jika kalian mempraktekkan saat berbicara dengan siapapun tentu akan membuat suasana yang berbeda. Bahkan tips diatas bisa juga dipakai saat membuat contoh karangan deskripsi, atau bahkan ketika kalian disuruh untuk pidato bahasa sunda singkat, tips diatas akan sangat berguna.
Sumber : http://jurug.blogspot.com/2011/12/etika-berbicara-yang-baik.html

0 komentar:

Posting Komentar