Minggu, 09 Februari 2014

Resensi buku "Udang Batu" karya Hidetomo Oda



Menceritakan Isi
   Udang batu ialah hewan Crustacea karena memiliki kulit yang keras.Udang batu hidup di air tawar,danau, dan sungai di seluruh dunia,kecuali di Afrika da Antartika.Di Amerika Serikat,ada lebih dari 230 jenis yang mempunyai warna dan ukuran bermacam-macam.Ada yang putih,merah muda,jingga,cokelat atau biru tua.
   Pada umumnya,ukurannya kurang dari 15 cm.Beberapa jenis di Australia berukuran lebih dari 30 cm,dan beratnya 4 kg.Udang batu ini adalah hewan berdarah dingin,artinya suhu tubuhnya selalu berubah-ubah sesuai dengan perubahan suhu lingkugannya.Untuk menghindari cuaca dingin ia membuat lubang di lumpur dasar kolam.Pada musim semi ia merayap keluar dan kembali aktif.
   Udang batu tidak menyukai cuaca panas dan cahaya matahari.Mereka bersembunyi di balik batu atau dalam lubang lumpur pada siang hari.Bulu sensor yag khusus terdapat di antenanya digunakan untuk mencium makana.Mereka makan berudu,siput,ikan kecil,da seragga,juga tumbuhan dan rumput air.
   Ia mempunyai sepit yang digunakan untuk memegang mangsanya.Selain itu sepitnya juga untuk alat mempertahankan dirinya dari ancaman yaitu tupai,rakun,beruang,penyu,ikan,beberapa jenis burung,dan manusia.
   Udang batu mempunyai lima pasang kaki yang melekat pada dadanya.Selain itu ia mempunyai empat kaki tambahan yang digunakan untuk berjalan.
  Udang batu bertelur 100 sampai 200 telur.Telur ini menetas ± dua minggu.Setelah berumur dua minggu,tubuh anak ini membesar dua kali lipat.Dan siap meninggalkan induknya.
Judul                           : UDANG BATU
Pengarang                   : Hidetomo Oda
Kota terbit                   : Jakarta
Tanggal terbit              : -
Jumlah halaman           : 32
Jumlah harga               : Rp 3.000,00

Tujuan Penulis
   Tujuannya ialah untuk memberitahu kepada yang pembaca tentang udang batu.Misalnya tempat tinggal udang batu,makanan udang batu,berapa telur udang batu dan lain-lainnya.
Menceritakan Kelebihan
   Kelebihan buku tersebut ialah:
> Buku itu tebal,
> Berwarna-warni pada gambar dan
> Memiliki daftar istilah
Menceritakan Kekurangan
  
Kekurangan buku tersebut ialah:
> Buku itu tidak disampuli
Pesan atau Amanat
   Pesannya ialah alangkah baiknya disampul agar buku itu tahan lama dan tidak kotor.

Created by : Pramudya Cakrawardaya < Oalahh Sonnn-sonnn... =D >



0 komentar:

Posting Komentar